Jumat, 16 Januari 2009

KESALEHAN SOSIAL
Oleh: Syam Alam

Disaat jaman telah menuntut masyarakat perkotaan berpola hidup konsumtif dan berlabel hedonis, maka ketika itu pula praktis mereka telah mengabaikan nilai nilai kesalehan sosial.

Hidup mereka bagai terlepas dari ikatan tata krama dan kepekaan terhadap persoalan lingkungan sosialnya. Akhirnya, kita sulit menemukan semangat kebersamaan untuk membangun lingkungan sosial, yang pada gilirannya melumpuhkan effort untuk memerangi kemiskinan.

Karena itulah, himbauan agar masyarakat menghidupkan kembali kesalehan sosialnya, ibarat oase ditengah kegersangan hidup materialistis. Percayalah, bila masyarakat kota mengedepankan nilai nilai kesalehan sosialnya, maka penistaan terhadap norma norma kehidupan masyarakat tidak akan kita temui lagi.

Dengan semangat mengedepankan kesalehan sosial, semua akan terpacu adrenalinnya untuk berusaha memberikan manfaat kepada seluruh elemen lingkungan sosialnya. Tidak ada lagi individualisme sebagai bagian dari gaya hidup hedonis. Tidak ada lagi keluhan sebagian warga akibat tindakan warga lain yang merugikan. Orang tidak lagi mengomel lantaran tetangganya berbuat gaduh, membuang sampah sembarangan atau lantaran rumahnya dibobol maling. Bahkan, tidak ada lagi warga yang menderita kelaparan lantaran lepas dari perhatian tetangganya.

Dengan mengedepankan kesalehan sosialnya, setiap warga masyarakat pastilah akan mempedulikan agar warga yang lain terjaga security feeling nya ketika mereka terjaga dari bangun tidur.

Kita telah membuktikan bahwa gaya hidup materialistis yang dianut masyarakat perkotaan selama ini telah nyata nyata melumpuhkan sendi sendi kebersamaan, persaudaraan, keguyuban dan semangat silih asah, silih asuh dan silih asih yang telah diwariskan para orang tua kita. Maka, sudah saatnya kita menemukan kembali akar kehidupan kita dalam bermasyarakat, yaitu memberikan manfaat bagi sesama.










Tidak ada komentar:

Powered By Blogger

SEBUTLAH INI HANYA KERISAUAN
DIRUANG TUNGGU
SALING BERBAGI MENYIKAPI HIDUP
YANG TERUS BERGERAK

DAN TAK PERNAH KOMPROMI

TERIMA KASIH ANDA SUDAH MENENGOK
SIAPA TAHU
KEGUNDAHAN SAYA
ADALAH JUGA
KEGUNDAHAN ANDA

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Semoga apa yang saya tulis ini bisa memberi arti. Saya tidak menciptakan. Saya hanya merangkainya saja. Merangkum yang tercampak ditrotoar. Menggamit yang hampir terlupakan. Tak lebih. Sebab saya hanya ingin berbagi mimpi. Boleh jadi itu mimpi kita bersama. Tentang negeri yang bisa menjadi tempat bernaung bagi rakyatnya. Tentang alam yang mau menjadi teman berkisah. Tentang kedamaian yang sudah lama tak berkirim sapa. Sebab perjalanan hidup ini telah banyak bercerita. Tentang anak manusia yang terusir dari tanahnya sendiri. Tentang anak manusia yang tak bisa menghidupi keluarganya. Tentang anak manusia yang dimiskinkan, dibuat tak berdaya bahkan untuk menolong dirinya sendiri tak kuasa. Sebab perjalanan hidup ini telah banyak mengajarkan, apalah artinya kita bila tidak mampu memberi arti bagi sesama.